Monday, October 12, 2015

Tugas Ketiga Pak Salman

Cara Koneksikan Komputer Host dengan Komputer Guest (virtual)

Pada OS Host (dalam contoh ini menggunakan windows 7) setting IP address untuk interfaces Host-Only Adapter. Caranya ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting. Nanti akan terlihat daftar interface jaringan yang ada, klik kanan pada Host-only adapter,kemudian pilih properties. kemudian setting IP address nya. Sebagai contoh, lihat gambar berikut.





Selanjutnya, nyalakan komputer guest di virtualbox( contoh dibawah menggunakan XP), jangan lupa settingan network pilih jenis adapter Host-only adapter. Jika belum disetting, ya segera disetting.  Caranya bisa melalui menu network pada windows awal virtualbox, atau bisa langsung pada window OS Guest nya.

Perhatikan gambar dibawah, cara dibawah ini langsung melalui windows OS Guest-nya. Pada bagian icon yang berada pada pojok bawah, klik kanan icon network, kemudian pilih network setting.


Kemudian pada atached to, pilih host-only adapter, Name biarkan default, Promiscuous Mode pilih Allow All. Jika sudah klik Ok.

Kemudian test ping di XP virtualbox nya, buka cmd dan ketikan “ipconfig”


Sekarang ping sesuai dengan ip address di virtualbox xp anda
Contoh “ping 192.168.56.102”


Jika ping 0% loss, itu berarti ping telah berhasil.


next step for ubuntu

Sebelum itu, pastikan network setting pada Client Ubuntu sudah  host-only adapter dan Promiscuous Mode pilih Allow All Sama seperti setingan client XP di atas.

Command prompt pada Ubuntu disebut dengan nama Terminal
Untuk membuka Terminal tekan tombol Ctrl + Alt + T.

Jika Terminal sudah terbuka seperti gambar di atas
Jalankan perintah ifconfig eth0 untuk melihat ip

ip address sudah terlihat seperti gambar di atas, pada bagian inet addr:

Setelah kedua komputer (Host dan Guest) sudah terkonfigurasi IP address-nya masing-masing (Network settingnya sudah host-only adapter), lakukan pengecekan koneksi dengan menggunakan Ping.


Contoh : ping 192.168.56.101
Maka hasil akan seperti gambar di atas.

Nah, sekarang komputer host dan guest sudah bisa saling terkoneksi.


Terima Kasih Sudah Lihat2 blog ane


No comments:

Post a Comment